Ekonomi

Sejumlah Asuransi Umum Belum Terdampak Kenaikan Harga Tiket Pesawat Domestik

12
×

Sejumlah Asuransi Umum Belum Terdampak Kenaikan Harga Tiket Pesawat Domestik

Share this article


ILUSTRASI. Harga tiket pesawat untuk penerbangan domestik sedang meningkat tajam. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/wpa.

Reporter: Shifa Nur Fadila | Editor: Handoyo .

GATRANEWS – JAKARTA. Harga tiket pesawat untuk penerbangan domestik meningkat tajam. Meski begitu, sejumlah perusahaan asuransi beserta Asosiasi Asuransi Umum Indonesia sepakat mengatakan belum adanya dampak terhadap asuransi perjalanan.

PT AXA Insurance Indonesia hingga kini belum merasakan adanya dampak pada asuransi perjalanan. Direktur AXA Insurance Indonesia Edwin Sugianto mengungkapkan dengan adanya kenaikan tarif tiket pesawat saat ini, AXA Insurance belum melihat adanya penurunan permintaan terhadap asuransi perjalanan. 

“Belum terlihat, hingga saat ini masih seperti biasa saja,” ungkap Edwin pada Gatranews, Jumat (26/1).

Baca Juga: Mobilitas Tinggi Jadi Penyulut Solusi Bisnis Transportasi

Menanggapi hal tersebut, Edwin mengatakan hingga kini AXA Insurance belum ada rencana penyesuaian besaran premi untuk asuransi perjalanan. Ia menjelaskan AXA Insurance di tahun ini tetap menargetkan tumbuh positif untuk seluruh segmen perlindungan asset, kesehatan, dan

lifestyle. Khususnya untuk asuransi perjalanan, AXA Insurance menargetkan pertumbuhan double digit dari tahun sebelumnya.

“Asuransi perjalanan memberikan kontribusi yang cukup signifikan kepada pendapatan premi untuk bisnis asuransi retail AXA Insurance, khususnya untuk pemasaran asuransi melalui kanal digital kami yaitu AXA myPage,” jelasnya.

Edwin menambahlan AXA Insurance melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan inklusi financial dari masyarakat Indonesia, termasuk kesadaran masyarakat untuk menggunakan asuransi perjalanan yang tentunya menambah kenyamanan perjalanan setiap nasabah AXA Insurance. AXA INsurance secara aktif melakukan kampanye kepada masyarakat melalui platform digital, termasuk berbagai platform media sosial, seperti membagikan aneka informasi destinasi menarik, tips traveling, dan beragam informasi penting lainnya sehingga masyarakat lebih memahami akan pentingnya memiliki asuransi perjalanan.

Hal serupa juga dirasakan oleh PT Asuransi Simas Insurtech. Direktur Utama Simas Insurtech Teguh Aria Djana mengatakan adanya lonjakan harga tiket pesawat ini belum memberikan dampak pada asuransi perjalanan. 

“Saya sih engga melihat ada dampak langsungnya karena memang ini animo pasar,” ujar Teguh. 

Untuk mendongkrak pendapatan premi asuransi perjalanan di tahun 2024 ini, Teguh mengatakan akan terus berusaha untuk menambah kerja sama dengan para pelaku usaha tiket daring. Harapannya di tahun 2024 ini premi asuransi perjalanan dapat tumbuh 30% menjadi Rp 39 miliar.

“Tahun 2023 tercatat Rp 30 miliar, maka diproyeksikan akan tumbuh 30% di tahun ini,” jelasnya. 

Asosiasi Asuransi Umum Indonesia juga sepakat bahwa kenaikan harga tiket pesawat ini belum memberikan dampak yang berarti untuk asuransi perjalanan. Direktur Eksekutif AAUI, Bern Dwyanto mengatakan jika dicermati kenaikan tarif pesawat baru terjadi belakangan ini, jadi sampai saat ini belum terasa dampaknya terhadap asuransi perjalanan. 

Baca Juga: Harga Tiket Pesawat Domestik Tinggi, Kemenhub Singgung Faktor Kelangkaan Pesawat

Meski begitu, Bern mengungkapkan kemungkinan akan ada pengaruhnya bilamana masyarakat mengurangi intensitas perjalanannya dikarenakan tarif pesawat cukup membebani, sehingga akan mengurangi perjalanan. 

“Namun biasanya akan berdampak pada perjalanan wisata, karena ini sifatnya tidak wajib atau pilihan. Untuk perjalanan dinas maupun keluarga akan tidak banyak berdampak,” ungkap Bern. 

Bern menambahkan Industri Asuransi Umum melihat peluang besar dan optimis terhadap meningkatnya permintaan dan pertumbuhan asuransi perjalanan. Menurutnya dengan perkembangan digital saat ini makin membaik sehingga asuransi dapat bertumbuh baik seiring pertumbuhan ekonomi Indonesia.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di MEDIA Store.

Reporter: Shifa Nur Fadila
Editor: Handoyo .

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *