Example 728x250
Ekonomi

Para Bankir Bank-Bank Besar Raup Bonus Jumbo di Tengah Kinerja yang Mentereng

8
×

Para Bankir Bank-Bank Besar Raup Bonus Jumbo di Tengah Kinerja yang Mentereng

Share this article


ILUSTRASI. Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) Bank Central Asia, Kamis (23/9/2021). Intip Besaran Bonus dan Tantiem Bankir di Bank-Bank Besar, Siapa Juaranya?

Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Noverius Laoli

GATRANEWS – JAKARTA. Selama tahun 2023, bank-bank besar mencatatkan keuntungan yang signifikan, mengakibatkan para bankir di puncak hierarki perusahaan tersebut menerima bonus atau tantiem yang cukup besar.

PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menjadi salah satu contoh yang mencatatkan bonus tertinggi bagi direksi dan komisarisnya. Jumlahnya mencapai Rp 766,2 miliar, meningkat dari periode sebelumnya sekitar Rp 644,59 miliar.

Rincian bonus menunjukkan bahwa bagian terbesaryakni Rp 557,62 miliar, diberikan kepada direksi. Dengan 12 orang direksi, masing-masing direksi mendapat bonus sekitar Rp 38,77 miliar.

Darmawan Junaidi, Direktur Utama Bank Mandiri, menyatakan bahwa pemberian bonus sebenarnya menjadi wewenang pemegang saham. Namun, ia juga berharap bonus bisa meningkat setiap tahun sesuai dengan kinerja perusahaan.

Baca Juga: Kapitalisasi Pasar BBNI Sentuh Rekor Tertinggi

“Harapannya demikian sesuai dengan tren kinerja,” ujar Darmawan kepada MEDIA belum lama ini.

Di posisi kedua, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) mencatatkan kenaikan laba sebesar 19,4% secara tahunan (YoY) menjadi Rp 48,6 triliun pada tahun 2023. Bank ini memberikan bonus kepada dewan direksi dan komisaris sebesar Rp 660 miliar atas keuntungan yang diperoleh selama tahun buku 2022.

Namun, rincian pembagian bonus untuk direksi dan komisaris tidak dijelaskan secara terperinci. Jika dibagi rata, setiap direksi dan komisaris BCA akan menerima bonus sebesar Rp 38,8 miliar.

Selanjutnya, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) memberikan bonus kepada pejabat tertingginya sebesar Rp 563,67 miliar pada tahun 2023. Jumlah ini mengalami penurunan sebesar 2,04% dibandingkan dengan periode sebelumnya yang mencapai Rp 575,38 miliar.

Bonus untuk seluruh direksi BRI sepanjang tahun 2023 sebesar Rp 404,42 miliar, sedangkan sisanya sebesar Rp 159,24 miliar dialokasikan untuk dewan komisaris. Dengan total 12 orang direksi BRI, setiap direksi mendapatkan bonus sekitar Rp 33,7 miliar jika dibagi rata.

Baca Juga: Komitmen Bank Central Asia (BCA) Dorong Pariwisata Berkelanjutan

Terakhir, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) mencatatkan bonus terendah di antara bank-bank KBMI 4, yaitu sebesar Rp 315 miliar. Laba bank ini tergolong yang terkecil dengan jumlah Rp 21 miliar.

Seperti bank-bank lainnya, alokasi bonus untuk direksi di BNI lebih besar daripada komisaris, yaitu sebesar Rp 224,3 miliar. Setiap direksi BNI menerima bonus sekitar Rp 18,69 miliar.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di MEDIA Store.

Reporter: Adrianus Octaviano
Editor: Noverius Laoli

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *