Ekonomi

Cara Memperoleh Pinjaman dari PNM Mekaar

10
×

Cara Memperoleh Pinjaman dari PNM Mekaar

Share this article


ILUSTRASI. Gatranews – BRI Ultra Mikro Kilas Online. Sentra Produksi Kerupuk Bogor: Warga menjemur kerupuk padang dan kerupuk mie di Kelurahan Karadenan, Bogor, Jawa Barat, Kamis (17/02). Puluhan industri rumahan penghasil kerupuk mie dan kerupuk merah padang dengan produksi mencapai 1-1,5 ton per hari untuk dijual di kawasan Jabodetabek dan Banten dengan harga mulai dari Rp11 ribu hingga Rp15 ribu per Kilogram. MEDIA/Baihaki/17/02/2022

Reporter: Ahmad Febrian, Tim MEDIA | Editor: Ridwal Prima Gozal

GATRANEWS –¬†JAKARTA.¬†Seiring perkembangan usaha, pada tahun 2016, Permodalan Nasional Madani (PNM) meluncurkan layanan pinjaman modal untuk perempuan prasejahtera pelaku usaha Ultra mikro melalui program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (PNM Mekaar). PNM Mekaar memiliki aktivitas pendampingan usaha dan dilakukan secara berkelompok.

PNM Mekaar merupakan layanan pinjaman modal untuk perempuan prasejahtera pelaku UMKM. Pada dasarnya, nasabah PNM Mekaar memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam berusaha.

Namun terbatasnya akses pembiayaan modal kerja menyebabkan keterampilan berusaha mereka kurang termanfaatkan. Beberapa alasan keterbatasan akses tersebut meliputi kendala formalitas, skala usaha, dan ketiadaan agunan.

Baca Juga: Membandingkan Pinjaman di PNM Mekaar versus Pinjol

Oleh karena itu, PNM menerapkan sistem kelompok tanggung renteng yang diharapkan dapat menjembatani kesenjangan akses pembiayaan sehingga para nasabah mampu mengembangkan usaha dalam rangka menggapai cita-cita dan meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Secara garis besar, manfaat yang disalurkan oleh Perusahaan melalui layanan PNM Mekaar, meliputi:

Peningkatan pengelolaan keuangan;

Pembiayaan modal tanpa agunan;

Penanaman budaya menabung; dan

Kompetensi kewirausahaan dan pengembangan bisnis.

Dikutip dari situs resminya, berikut kriteria yang wajib dipenuhi nasabah PNM Mekaar:

Layanan PM Mekaar difokuskan kepada perempuan pelaku usaha mikro dengan kondisi keluarga yang memiliki indeks pendapatan per kapita maksimal USS1,99 per hari atau Rp 800.000 per bulan serta memenuhi indeks rumah (Cashpoor Index House);

Pembiayaan PNM Mekaar tidak mensyaratkan agunan fisik, melainkan bersifat tanggung renteng kelompok. Dengan syarat kedisiplinan untuk mengikuti proses persiapan dan Pertemuan Kelompok Mingguan (PKM).

Satu kelompok minimal terdiri dari 2 subkelompok dan maksimal 6 subkelompok dengan masing  masing subkelompok beranggotakan 5- 30 nasabah;

Setiap kelompok/ subkelompok dipimpin oleh seorang ketua;

Pertemuan kelompok wajib dilaksanakan setiap pekan, sebagai salah satu cara untuk membayar angsuran mingguan.

Baca Juga: Pentingnya Pendampingan Bagi UMKM, Termasuk di PNM Mekaar

Nah, jadi, Mekaar PNM tidak bisa diajukan secara online.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di MEDIA Store.

Reporter: Ahmad Febrian, Tim MEDIA
Editor: Ridwal Prima Gozal

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *