Example 728x250
Ekonomi

Berkenalan dengan Program Pengembangan Kapasitas Usaha PNM

9
×

Berkenalan dengan Program Pengembangan Kapasitas Usaha PNM

Share this article


ILUSTRASI. Gatranews – BRI Ultra Mikro Kilas Online. Dana Pemulihan Untuk UMKM: Perajin menorehkan motif di workshop BAtik Tradisiku, Bogor, JAwa Barat, Rabu (8/7). Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi prioritas pemerintah untuk memulihkan ekonomi nasional dari pandemi Covid-19. Pemerintah menyediakan anggaran Rp123,5 trilliun dari total biaya penanganan Covid-19 yang sebesar Rp695,2 triliun. MEDIA/BAihaki/8/7/2020

Reporter: Ahmad Febrian, Tim MEDIA | Editor: Ridwal Prima Gozal

GATRANEWS –¬†JAKARTA. Menghadirkan layanan yang optimal bagi nasabah, Permodalan Nasional Madani (PNM) memiliki program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU).

Program ini bertujuan untuk memberikan pendampingan serta pembinaan kepada para pelaku UMKM di Indonesia.  Sejak 2010, PNM memberikan pelatihan dan pendampingan kepada nasabah ULaMM. Menjawab kebutuhan pelatihan yang kian berkembang.

Perusahaan kemudian membentuk Divisi Pengembangan Kapasitas Usaha (Divisi PKU) pada 2011 dan pada 2018 guna memenuhi kebutuhan pengembangan usaha nasabah PNM Mekaar. Divisi ini dikembangkan menjadi Divisi Pengembangan Kapasitas Usaha.

Baca Juga: Pentingnya Pendampingan Bagi UMKM, Termasuk di PNM Mekaar

Dikutip dari situs resminya, berikut kegiatan usaha dalam program PKU PNM

Pelatihan Nasabah PNM ULaMM

Merupakan program pelatihan yang dikhususkan bagi para nasabah PNM ULaMM. Program pelatihan ini dilakukan di seluruh kantor cabang PNM di Indonesia.

Pembinaan Klaster

Merupakan program pembinaan nasabah yang dilakukan melalui pola klasterisasi/pengelompokan. Klaster ditentukan berdasarkan jenis usaha dan lokasi nasabah. Program ini mencakup pelatihan dan pendampingan di berbagai aspek. Di antaranya: keuangan, produksi, pemasaran, dan kelembagaan. Pembinaan Klaster diperuntukan kepada nasabah PNM ULaMM maupun PNM Mekaar.

Baca Juga: Makin Banyak Peminat, Begini Cara Bergabung ke Program Manajemen dan Kemitraan PNM

Pendampingan Nasabah PNM Mekaar

Merupakan program pendampingan yang menyasar para nasabah PNM Mekaar. Program pendampingan ini dilakukan di seluruh kantor cabang PNM Mekaar di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di MEDIA Store.

Reporter: Ahmad Febrian, Tim MEDIA
Editor: Ridwal Prima Gozal

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *