Example 728x250
Ekonomi

AdaKami Bukukan Penyaluran Pinjaman Lebih dari Rp 13 Triliun Sepanjang 2023

17
×

AdaKami Bukukan Penyaluran Pinjaman Lebih dari Rp 13 Triliun Sepanjang 2023

Share this article


ILUSTRASI. Aplikasi fintech AdaKami. PT Pembiayaan Digital Indonesia (AdaKami) mencatat penyaluran pinjaman melebihi target sepanjang tahun 2023.

Reporter: Arif Ferdianto | Editor: Noverius Laoli

GATRANEWS – JAKARTA. Platform fintech peer to peer (P2P) lending alias pinjama online (pinjol) PT Pembiayaan Digital Indonesia yang dikenal dengan AdaKami mencatat penyaluran pinjaman melebihi target sepanjang tahun 2023.

Brand Manager AdaKami, Jonathan Kriss menyebutkan pihaknya membukukan penyaluran pinjaman perusahaan lebih dari Rp 13 triliun sepanjang 2023. Disebutkan ini melebihi target yang dicanangkan sebesar Rp 12 triliun.

“Sepanjang 2023, AdaKami telah menyalurkan lebih dari Rp 13 triliun sesuai dengan rencana kerja kami,” ujarnya kepada Gatranews.co.id, pekan lalu.

Baca Juga: Akseleran Catat Penyaluran Pinjaman Capai Rp 2,85 Triliun Sepanjang 2023

Jonathan menjelaskan, AdaKami termasuk dalam klaster pinjaman konsumtif namun tidak menutup kemungkinan penggunaannya dapat bergeser untuk kebutuhan produktif.

“Berdasarkan data kami ada lebih dari 40% pengguna AdaKami yang menggunakan pinjaman untuk kebutuhan modal usaha,” jelasnya.

Jonathan mengungkapkan, di tahun 2024 ini pihaknya menargetkan jumlah penyaluran pinjaman yang sama dengan 2023 yaitu sebesar Rp 12 triliun. Untuk itu, AdaKami telah menyiapkan strategi yang bakal dilancarkan.

“Strategi kami termasuk dalam peningkatan prudency dalam e-kyc nasabah kami yang bertujuan menjaga TWP90 agar mampu menjaga kualitas kredit secara umum,” ungkapnya.

Baca Juga: Penyelidikan Dugaan Kartel Bunga Fintech Masih Berjalan, Ini Kata OJK

Lebih lanjut, Jonathan bilang, AdaKami telah menerapkan bunga maksimal per hari menjadi 0,3% per hari sesuai dengan ketentuan regulator yang di mulai pada awal tahun 2024 ini.

Untuk diketahui, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat outstanding pembiayaan Fintech P2P lending tumbuh 18,06% year on year menjadi Rp 59,38 triliun di November 2023, dibandingkan tahun 2022 yang sebesar Rp 50,30 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di MEDIA Store.

Reporter: Arif Ferdianto
Editor: Noverius Laoli

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *