Ekonomi

Dorong Dunia Usaha Turunkan Emisi, Perbankan Optimistis SLL Berpotensi Tumbuh

×

Dorong Dunia Usaha Turunkan Emisi, Perbankan Optimistis SLL Berpotensi Tumbuh

Share this article

[ad_1]

ILUSTRASI. Petugas teller melayani nasabah di kantor cabang Bank Mandiri di Jakarta, Selasa (21/2/2023). Dorong Dunia Usaha Turunkan Emisi, Perbankan Optimistis SLL Berpotensi Tumbuh.

Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Noverius Laoli

GATRANEWS – JAKARTA. Upaya penurunan emisi dalam dunia usaha untuk menjadi semakin hijau kian marak dilakukan beberapa perusahaan. Terlebih, bagi para pelaku usaha yang memiliki tingkat pengeluaran emisi yang tergolong besar.

Dalam hal ini, perbankan pun menawarkan skema pinjaman berupa Sustainable Linked Loan (SLL) yang mulai banyak dalam dua tahun terakhir. Di mana, pinjaman ini diharapkan membantu pelaku usaha untuk melakukan transisi energi.

Adapun, skema SLL ini merupakan instrumen pembiayaan yang memberikan insentif kepada debitur untuk mencapai tujuan kinerja yang berkelanjutan. Berbeda dengan kredit pembiayaan hijau yang memang diperuntukkan bagi perusahaan yang sudah berada pada kegiatan usaha berwawasan lingkungan.

Baca Juga: Terus Melaju! Bank Mandiri Gapai Laba Bersih Rp 55,1 Triliun di Tahun 2023

Direktur Manajemen Risiko PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) David Pirzada bilang skema SLL ini masih sangat prospektif di Indonesia. Di mana, isu ESG terus ramai dan sejalan dengan visi pemerintah untuk menuju Net Zero Emission di 2024.

“Perusahaan-perusahaan di Indonesia saat ini juga mempersiapkan peta jalan net zero emission dan memperbaiki ESG-nya,” ujar David kepada MEDIA, Rabu (31/1).

Sepanjang 2023, total undisbursed loan milik BNI yang di bawah skema SLL senilai US$ 298 juta. Di mana, sektor yang dibiayai adalah manufaktur baja, semen, dan pakan ternak.

David menambahkan apabila target perbaikan environment di dalam perusahaan tercapai, maka akan ada insentif bunga yang lebih rendah atas pembiayaan yang diterimanya.

Baca Juga: Bank BNI (BBNI) Terus Genjot Pembiayaan Hijau, Ini Data Terbarunya

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di MEDIA Store.

Reporter: Adrianus Octaviano
Editor: Noverius Laoli

[ad_2]

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *