Ekonomi

Perbankan Optimistis Jumlah RDN Meningkat, Bisa Dongkrak Sumber Dana dan Pendapatan

23
×

Perbankan Optimistis Jumlah RDN Meningkat, Bisa Dongkrak Sumber Dana dan Pendapatan

Share this article


ILUSTRASI. Petugas teller menghitung uang pecahan Rp100.000,- di salah satu bank di Jakarta,Rabu (5/10/2022). Perbankan Optimis Jumlah RDN Meningkat Tahun Ini, Bisa Dongkrak Sumber Dana dan Pendapatan.

Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Noverius Laoli

GATRANEWS-JAKARTA. Perbankan optimistis pertumbuhan investor pasar modal terus berlanjut pada tahun ini. Hal ini tentunya akan menjadi sumber dana serta pendapatan berbasis komisi bagi perbankan melalui layanan Rekening Dana Nasabah (RDN).

Tahun 2023 lalu, PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencatat jumlah investor pasar modal, reksadana, saham dan surat berharga lainnya sebanyak 29,84 juta per Desember, atau meningkat 2,53% YoY dari 29,11 juta investor pada tahun sebelumnya. 

Dalam rinciannya, investor pasar modal tercatat sebanyak 12,17 juta, tumbuh 18% secara year to date (YtD). Sementara untuk reksadana sebanyak 11,42 juta atau tumbuh 18,87% YtD, saham dan surat berharga lainnya sebanyak 5,26 juta dan tumbuh 18,37% YtD 

Baca Juga: Luncurkan RDN Syariah Online, BSI Bidik Pertumbuhan Nasabah hingga 15% Tiap Tahun

Melihat data tersebut, sejumlah bank menunjukkan optimismenya terhadap pertumbuhan RDN tahun ini. PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) misalnya, yang mencatat jumlah RDN hingga Desember 2023 mencapai 2,8 juta rekening. Jumlah tersebut tumbuh 17% YoY. 

EVP Corporate Communication & Social Responsibility Hera F Haryn mengatakan, peningkatan tersebut seiring dengan tren bisnis Bank Kustodian yang juga masih tumbuh positif.

“Tren RDN yang positif ini juga seiring dengan makin tingginya tingkat literasi keuangan masyarakat dan nasabah serta meningkatnya kesadaran akan pentingnya berinvestasi,” kata dia kepada Gatranews, Senin (15/1).

Seiring dengan pertumbuhan RDN yang positif tersebut, sudah barang pasti menjadi cuan bagi BCA sendiri, dimana peningkatan RDN berkontribusi positif terhadap kenaikan pendapatan selain bunga BCA.

Baca Juga: Pada Tahun Ini, BEI Incar 13 Ribu Investor Baru di Pasar Modal Syariah

Hera merinci pendapatan selain bunga BCA tumbuh 9,7% YoY per September 2023 menjadi Rp18,3 triliun, ditopang kenaikan pendapatan fee dan komisi sebesar 7,7% YoY.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di MEDIA Store.

Reporter: Nurtiandriyani Simamora
Editor: Noverius Laoli

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *