Example 728x250
Ekonomi

Intip Besaran Bonus dan Tantiem Bankir di Bank-Bank Besar, Siapa Juaranya?

8
×

Intip Besaran Bonus dan Tantiem Bankir di Bank-Bank Besar, Siapa Juaranya?

Share this article


ILUSTRASI. Pertumbuhan Laba: Dari kiri: Direktur Teknologi Informasi Bank Mandiri Timothy Utama, Direktur Manajemen Risiko Ahmad Siddik Badruddin, Direktur Utama Darmawan Junaidi, Wakil Direktur Utama Alexandra Askandar, Direktur Keuangan dan Strategi Sigit Prastowo, berbincang sebelum Paparan Publik Kinerja Bank Mandiri Tahun 2023, di Jakarta, Rabu (31/1/2024).

Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Noverius Laoli

GATRANEWS – JAKARTA. Sepanjang 2023, bank-bank besar telah mencatatkan keuntungan yang signifikan. Alhasil, para bankir di pucuk pimpinan bank-bank tersebut pun turut menikmati bonus atau tantiem yang semakin tambun.

PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) misalnya mencatatkan bonus bagi para direksi dan komisarisnya yang paling tinggi. Nilainya mencapai Rp 766,2 miliar atau naik dari periode tahun 2022 yang sekitar Rp 644.59 miliar.

Secara rinci, bonus untuk para direksi memiliki komposisi terbesar senilai Rp 557,62 miliar. Jika dibagi rata dengan jumlah direksi 12 orang, maka masing-masing direksi dapat mengantongi bonus sekitar Rp 38,77 miliar.

Baca Juga: Gaji Bankir Investasi Wall Street di Asia Anjlok

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi pun mengungkapkan bahwa masalah bonus sejatinya urusan dari pemegang saham. Meskipun, pihaknya juga berharap bonus setiap tahunnya bisa naik. “Sesuai tren kinerja, harapannya begitu,” ujar Darmawan kepada MEDIA (5/2).

Di posisi kedua, ada PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) yang mencatatkan kenaikan laba 19,4% secara tahunan (YoY) menjadi Rp 48,6 triliun di 2023. Di mana, BCA membayar bonus untuk dewan direksi dan komisaris senilai Rp 660 miliar atas keuntungan selama tahun buku 2022.

Sayangnya, bank tersebut tak merinci berapa masing-masing bonus untuk direksi maupun komisaris. Jika dibagi sama rata, setiap komisaris maupun direksi BCA akan mendapat bonus senilai Rp 38,8 miliar.

Baca Juga: Bank-Bank Milik Para Taipan RI Bukukan Kinerja Positif di Kuartal III-2023

Selanjutnya, ada PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) yang memberikan bonus bagi para pejabat tertingginya mencapai Rp 563,67 miliar di 2023. Menariknya, angka tersebut justru menurun 2,04% dari periode tahun sebelumnya yang sebesar Rp 575,38 miliar.

Adapun, bonus untuk keseluruhan direksi BRI sepanjang 2023 senilai Rp 404,42 miliar dan sisanya sebesar Rp 159,24 miliar merupakan alokasi untuk dewan komisaris. Dengan jumlah direksi BRI yang bertotal 12 orang, maka kalau dibagi sama rata, setiap direksi mendapatkan bonus sekitar Rp 33,7 miliar.

Terakhir, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) menjadi yang terkecil di kalangan bank KBMI 4 dengan senilai Rp 315 miliar. Maklum, laba bank berlogo 46 ini memang merupakan yang paling kecil senilai Rp 21 miliar.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di MEDIA Store.

Reporter: Adrianus Octaviano
Editor: Noverius Laoli

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *