Ekonomi

BCA Targetkan KPR Tumbuh Dua Digit Tahun 2024

×

BCA Targetkan KPR Tumbuh Dua Digit Tahun 2024

Share this article

[ad_1]

ILUSTRASI. Direktur BCA Santoso (kedua kanan), Direktur BCA Haryanto T. Budiman (kedua kiri), Ketua Panitia BCA Welly Yandoko (kanan) & Wakil Ketua Panitia BCA Expo 2023 Petrus Karim (kiri), saat membuka BCA Expo 2023.

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

GATRANEWS – JAKARTA. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) optimistis bisnis kredit kepemilikan rumah (KPR) tahun ini akan tetap tumbuh solid meski ada tahun politik. Tahun ini, bank swata terbesar di Tanah Air menargetkan KPR tetap tumbuh dua digit di kisaran yang sama seperti realisasi tahun 2023. 

BCA belum merilis laporan kinerja kredit, termasuk KPR, untuk tahun 2023. Namun, per September 2023, KPR perseroan telah mencapai Rp 117,9 triliun. Realisasi tersebut tumbuh sebesar 11,5% secara tahunan (year on year/yoy).

Ade Lukito Vice President Consumer Loan BCA menyatakan, prospek KPR tetap cerah karena KPR akan tetap mendominasi skema pembelian properti menurut survei terbaru Bank Indonesia (BI) terbaru. 

“Target pertumbuh KPR BCA tahun ini kurang lebih sama dengan tahun lalu. Walau tahun ini adalah tahun politik, namun pasti semua akan berjalan dgn baik. Perbankan dan developer akan sama-sama mencari terobosan menggerakkan pasar,” kata dia kepada Gatranews.co.id, belum lama ini. 

Baca Juga: Perbankan Optimistis Penyaluran KPR FLPP Capai Target Meski Harga Rumah Subsidi Naik

Ia menambahkan, BCA akan mencoba menjangkau semua segmen dengan memberikan beragam pilihan skema KPR. BCA bahkan memiliki fasilitas KPR tetap untuk jangka panjang namun dengan skema bunga fixed berjenjang. Bank ini juga menawarkan tenor KPR hingga 25 tahun. 

Seperti diketahui, BCA tercatat cukup agresif dalam melakukan ekspansi bisnis KPR dalam beberapa tahun terakhir. Setelah sempat kontraksi 3,7% pada tahun 2020 akibat pandemi Covid-19, pada tahun 2021 sudah kembali ekspansi dengan tumbuh 8,2% dan pada 2022 tumbuh 11%. Per September 2023, oustanding KPR BCA mencapai Rp 117,9 triliun, sudah bertambah Rp 27,75 triliun dari posisi akhir 2020.

Dalam sembilan bulan pertama tahun lalu, BCA tercatat telah mencairkan fasilitas KPR baru sebesar Rp 29,7 triliun, atau naik 6,45% secara tahunan. Rinciannya, sebesar Rp 7,9 triliun dicairkan pada kuartal pertama, Rpo 11,4 triliun pada triwulan kedua, dan Rp 10,4 triliun pada kuartal III. 

Hanya saja, di saat yang sama, pelunasan dan pembauaran sebagian KPR oleh nasabah atau run off mencapai Rp 20,9 triliun. Sehingga total outstanding KPR BCA pada akhir September hanya tumbuh 11,5% secara tahunan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di MEDIA Store.

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Editor: Dina Hutauruk

[ad_2]

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *